Wartacirebon.com – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon sejak awal tahun 2017 telah mensosialisasikan tentang pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) PPh kepada seluruh lapisan masyarakat wajib pajak secara online melalui proses e-felling.

Sugiantoro selaku Kasi Pelayanan KPP Pratama Cirebon mengatakan, dalam
prosenya pelaporan SPT melalui e-filing ini mendapat respon antusias dari para wajib pajak. Hal tersebut, lanjutnnya dibuktikan dengan banyaknya Wajib Pajak (WP) Wilayah Cirebon Kota dan Kabupaten. Ia menjelaskan, pelayanan di KPP Pratama membuka meja pelayanan hingga larut malam dan pemohon yang datang mencapai 800 WP dalam sehari.
“Pelaporan SPT melalui e-filing ini dibuka sejak awal tahun hingga 21 April mendatang,” kata Sugiantoro.

Ia menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang, batas pelaporan yakni 31 Maret 2017 namun diperpanjang hingga 21 April 2017. Akan tetapi, lanjutnya, untuk masa pembayarannya tetap dibatasi pada tanggal 31 Maret 2017. Dengan perpanjangan tersebut pihaknya berharap dapat memberikan kesempatan untuk menyelesaikan administrasi SPT
tahunan para wajib pajak orang pribadi agar mencapai seratus persen
dari target. “Untuk targetnya kami menargetkan 37.000 WP melalukan pelaopran SPT melalui e-Filing,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, pada tahun ini sangat diharapkan target tersebut
dapat tercapai. Dijelaskannya, per tanggal 29 Maret sudah masuk
sebanyak 21.000 WP masuk melaporkan SPTnya melalui e-filing. “Selain melayani via elektronik, kita tetap membuka pelayanan yang manual. Untuk Pegawai Negeri dan TNI/Polri kami wajibkan ke e-filing,” paparnya.

Ia menginformasikan, pelaporan SPT tahunan pajak akan ditutup pada 21 April. Ia menghimbau masyarakat dan badan usaha untuk segera melaporkan SPT. Sebab, ada sanksi bagi wajib pajak yang terlambat melapor, seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007
tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP). “Jika wajib pajak tidak melaporkan SPTnya sampai batas akhir waktu nanti, akan ada sanksi untuknya sesuai UU yang berlaku, kecuali dia yang ada surat resmi penundaan sesuai kesepakatan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here