Barang bukti hasil sitaan BNN Kota Cirebon.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon berhasil menemukan obat-obatan terlarang dalam operasi yang dilakukan dimulai Senin sampai dengan Kamis (24/2) dengan menggandeng Satpol PP dan juga Sat Narkoba Polres Cirebon Kota. Dalam operasi tersebut, BNN menemukan sedikitnya Destro sebanyak 32.282 butir, Zenit Karnoven 52 butir dan Tramadol sebanyak 3.394 butir dari kos-kosan di Jalan Terusan Pemuda Komplek Binawan yang tak bertuan. Dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang menggunakan kos-kosan yang berpindah-pindah merupakan modus baru para pelaku.

Kepala BNN Kota Cirebon, Yayat mengatakan, pihaknya mencium tempat-tempat yang diindikasikan sebagai tempat penyimpanan barang obat-obatan terlarang. Dalam pencarian itu pun pihaknya mendapatkan obat-obatan yang selama disalhgunakan seperti Destro sebanyak 32.282 butir, Zenit Karnoven 52 butir dan Tramadol sebanyak 3394 butir.‬ ‪”Kami tidak memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan represif. Karena kami bekerja berada di ranah UU Nomor 35 dan UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika. Maka, kami akan melimpahkan kasus ini ke Polres Cirebon Kota, khususnya Sat Narkoba,” ujarnya.‬ ‪Pihaknya mengatakan, jika obat-obatan yang ditemukan tersebut diatur dalam UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Dimana, barang bukti tersebut didapatkan disalah satu kosan yang berada di jalan Terusan Pemuda Komplek Binawan yang dijadikan gudang penyimpanan dan sekaligus sebagai tempat pengemasan yang dilakukan oleh pelaku dengan menyewa dua kamar kos. Dimana kepemilikan barang tersebut masih di lidik dan akan ditindak lanjuti oleh pihak Polres Cirebon Kota.

Pasalnya, dalam penggeledahan yang dilakukan tidak ditemukan pemiliki barang tersebut dan hanya ada penjaga kos saja.‬ ‪”Ini sebagai modus baru. Karena pelaku memiliki tempat tinggal bahkan berpindah-pindah kosan maupun hotel. Karena tempat tinggal sementara dijadikan gudang yang diduga untuk mengelabui aparat kepolisian dan identitas masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here